Rabu, 28 Mei 2014

Pemda Hadiahi Guru Bolos, Dengan Disiplin Tegas


Drs. Arens Uniplaita

Dobo,AI.-
            Jika Anda seorang guru, disarankan agar jangan coba bolos tugas, karena jika Bolos Tugas, dijamin Anda bakal berhada-pan dengan masalah besar.
            Ini komitmen Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olah Raga (Dikpora), Kabupaten Ke-pulauan Aru, Ir.J.Gutandjala, M.PUB. Wartawan Aru Islands News mewawancarai pak Ongki di Ruang Kerjanya, Kantor Dinas Dikpora, Jl. Ali Moertopo, Dobo, disela-sela Upacara Peringatan Hardiknas, tanggal 2 Mei 2014. Berikut hasil wawancaranya:
            Pak Ongki, begitu beliau akrab disapa, berkomitmen untuk menerapkan disiplin tegas bagi guru yang bolos, walau adik kandung sekalipun. Pernyataan ini, menyusul temuan Sekda Aru saat Inspeksi Menadadak (sidak) di SD Kristen Kobamar, Aru Utara, yang menemukan Ruang Kelas telah digunakan sebagai ruang jemuran pakaian. Mungkin karena Kepala SD Kristen tersebut, masih ada hubungan keluarga dengan Pak Ongki. Walau demikian, Kadis Dikpora telah memanggil Kepala Sekolah dan guru bantu yang bolos untuk diberikan peringatan dan teguran sesuai amanat PP 53 tahun 2010.

            Demikian pula, Pak Ongki, setelah mendengar keluhan para guru yang diberi teguran, yang rata-rata mengeluhkan keterbatasan sarana transportasi pergi-pulang tempat tugas. Makanya, Dikpora ditahun 2014 ini, akan meng-usulkan pengadaan 7 (tujuh) unit Kapal Cepat (Speed Boat), untuk mengatasi kendala dimaksud.
            Selain transportasi, penyediaan sarana perkantoran untuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD), juga akan diusulkan. Karena di beberapa kecamatan belum tersedia kantor UPTD, sehingga mereka berkantor di rumah warga.
            Jika demikian perhatian dan tegasnya Kepala Dinas Dikpora, Anda sebagai Guru, jangan coba Bolos Lagi. Dan percayakanlah kepada Dinas untuk menangani masalah anda. Pasti beres.

Sekda Inspeksi Mendadak Ke Desa

            Sekretaris Daerah (Sekda) Kepulauan Aru, Drs. Arens Uniplaita, menegaskan bahwa PNS jangan coba-coba ingkar tugas. Pihaknya tidak akan menolerir setiap tindakan PNS yang lalai dalam melaksanakan tugas layanan publik.
            Saya telah perintahkan kepada semua jajaran, untuk menegakkan aturan dan menerapkan disiplin tegas bagi setiap PNS yang melanggar ketentuan. Saya bilang pada semua tadi, apakah kalian tidak merasa berdosa, kalau kerja tidak benar? Mari kita kerja dengan tulus untuk kemajuan daerah ini, agar kita diberkati, ajak Arens.
            Saya sedih, saat melihat ruang kelas SD Kobamar dijadikan tempat jemuran pakaian. Mau dibawa kemana pendidikan kita kalau begini adanya? Setelah saya kembali, saya langsung gelar rapat mendadak dengan semua Kepala SKPD untuk bicarakan masalah ini.
            Tindakan yang kami ambil adalah memerintahkan Dinas terkait untuk segera tuntaskan masalah ini. Kepala Inspektorat pun tadi saya perintahkan untuk melakukan audit atas semua proyek bantuan yang selama ini diterima SD Kristen Kobamar, jika ada masalah, tindak saja agar jadi contoh dan jadi efek jerah bagi yang lain, ujar Arens.
            Kepala dan Sekretaris Dinas Dikpora yang datang menghadiri panggilan  Sekda, langsung berreaksi cepat, memanggil dan menegur para guru yang bersangkutan.(01-AI)

Tidak ada komentar:

KAREL RIDOLOF LABOK (KARIBO). Diberdayakan oleh Blogger.

FOTO FACEBOOK