Senin, 10 Agustus 2015

FENOMENA ALAM "AIR BUSUK" DI DESA WAIFUAL



AIR BUSUK
Foto Air Busuk, di Desa Waifual, Aru Utara (Foto Doc. Andre Lekitoo)

Dobo,AI.- Di desa Waifual, Aru Utara, terdapat dua buah kolam berdampingan, yang mengeluarkan air panas, dan mengeluarkan aroma busuk pada waktu tertentu, sehingga masyarakat setempat menyebutnya "air busuk" (air yang mengeluarkan bau busuk-red).

Saat melewati sungai sir-sir, jika mengukur suhu di sekitar tepian kolam-kolam tersebut, panasnya bisa mencapai 45 derajat Celsius. Pusat semburan air panas berada tepat di tengah kolam, yang berukuran besar, maupun berukuran sedang tersebut.

Untuk mencapai tempat ini, dari Kota Dobo, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, anda dapat menggunakan perahu motor milik masyarakat yang dalam bahasa lokal Aru, disebut ketinting, dengan waktu yang tidak teratur, atau tergantung dari jadwal masyarakat lokal yang pergi dan kembali dari kota Dobo, dan melewati sungai sir-sir.

Atau anda juga dapat menggunakan Kapal Cepat (speed boat), yang dicarter, dengan harga sewa per hari Rp.2.500.000.- (tahun 2015, nilai Rupiah terhadap Dollar, di level 13.000 rupiah per US$ Dollar). (01-AI)

Tidak ada komentar:

KAREL RIDOLOF LABOK (KARIBO). Diberdayakan oleh Blogger.

FOTO FACEBOOK