Senin, 14 Desember 2015

PILKADA ARU, BANYAK PENDUDUK TIDAK MENJADI PEMILIH

 
Penduduk Desa Kalar-kalar, Aru Selatan, yang sedang berada di lokasi tempat usaha budidaya rumput laut, di muara sungai Serwatu. Mereka membuat pemukiman sementara di sekitaran lokasi untuk tinggal sementara bersama keluarga (Foto.Doc. Karibo)

ARUISLANDSnews-Dobo.- Banyaknya Penduduk usia muda, yang baru menanjak memasuki Usia Pemilih, serta Penduduk usia dewasa yang pernah menjadi pemilih pada Pemilu sebelumnya, ternyata tidak terdaftar menjadi Pemilih pada Pilkada Kabupaten Kepulauan Aru yang digelar tanggal 9 Desember 2015 yang lalu.

Ada 3 Desa yang sempat dikunjungi wartawan media ini di Kecamatan Aru Selatan, yakni Desa Kalar-kalar terdapat 161 orang, Desa Jelia terdapat 33 orang, serta Desa Dokatimur 10 orang yang kesemuanya tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih, hingga selesainya Pemungutan Suara digelar. Ketika hendak diakomodir dalam Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb), serta Daftar Pemilih Tambahan-1 (DPTb1), justeru terkendala pula oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat.

Ketua KPU Aru, Victor Sjair, yang dikonfirmasi di tengah
kesibukannya memantau Pemungutan Suara Ulang (PSU) TPS 10 Kelurahan Siwalima Dobo, mengatakan, semua proses pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih telah selesai dan dilakukan sesuai mekanisme yang benar. Jika masih ada juga penduduk yang tidak terakomodir dalam DPT, DPTb, maupun DPTb1, itu tidak benar.

"Semua proses pendaftaran, maupun pemutakhiran telah jalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang benar. Jika hingga hari pemungutan suara, masih ada saja penduduk yang belum terdaftar dalam DPT, DPTb, dan DPTb1, itu tidak benar. Demikian pula, kami telah menginstruksikan kepada semua jajaran PPS agar memberikan kesempatan kepada Pemilih tidak terdaftar, untuk menggunakan KTP, SIM, Pasport, atau Kartu Keluarga, untuk datang ke TPS masing-masing sesuai alamat tempat tinggal, agar dapat diakomodir menggunakan hak pilihnya." Jelas Victor.

Memang kualitas demokrasi, akan diukur dari besaran partisipasi Penduduk dalam menggunakan hak pilihnya saat Pemungutan Suara. Semoga menjadi lebih baik dimasa mendatang. (01-AI)

Tidak ada komentar:

KAREL RIDOLOF LABOK (KARIBO). Diberdayakan oleh Blogger.

FOTO FACEBOOK